Rabu, 12 Juli 2017

DUSUN ASEM TANI

Dusun semtani adalah sebuah dusun yang terletak dibagian wilayah paling timur desa juluk, dusun ini ditempati oleh 2626 jiwa, yaitu 1242 jiwa laki-laki, dan 1384 jiwa perempuan, hal yang menjadi pembeda antara dusun semtani dengan dusun yang lain didesa juluk adalah tehnologi pertanian didesa semtani sudah moderen.
               Dusun ini dipimpin oleh Apel yang bernama A. Zaini. Gambaran secara luas terkait dusun semtani akan dijabarkan melalui penjelasan dibawah ini :
A.  Sosial Budaya
      Keadaan sosial masyarakat di Dusun Semtani sudah dikatakan bagus, hal ini diketahui dari keadaan masyarakat yang sudah terbuka dengan dunia luar dan tidak buta terhadap teknologi. Masyarakat didusun ini  juga memiliki sikap antusias dan kekompakan yang tinggi  terhadap suatu kegiatan, dilihat dari keseniannya dan kebiasaan masyarakat yang  selalu  datang tepat waktu ketika terdapat kegiatan.
  
Gambar. 1.10 Musyawarah Perangkat Desa
B.  Pendidikan
Pendidikan adalah  satu hal yang penting dalam  memajukan tingkat kesejahteraan dan tingkat perekonomian pada khususnya. Untuk pendidikan di Dusun  Semtani  mayoritas lulusan SMA, yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi sangat rendah sekali sekitar 1%  dikarenakan terbentur oleh faktor ekonomi masyarakat yang masih rendah.
C.  Ekonomi
Masyarakat Dusun Semtani memiliki beberapa sektor diantaranya sektor  peternakan dan pertanian.  Ekonomi masyarakat dapat dikatakan baik  dalam  pengembangan  maupun  pengoptimalan sumberdaya lokal  daerah Dusun sudah dianggap optimal. Masyarakat cukup kreatif dan mau mengembangankan informasi tentang usaha yang bisa dilakukan masyarakat sesuai dengan kondisi Dusun.
Ø Mata Pencaharian
               Mata pencaharian masyarakat  di Dusun Semtani cukup  beragam,  namun mayoritas petani sebesar 90% dan untuk  pegawai (swasta/PNS) 10%. Masyarakat yang bertani mayoritas menanam padi, jagung, bawang merah, melon, dan semangka. Sedangakan  peternak , banyak masyarakat yang berternak bebek, kambing dan sapi.
  
   
   
Gambar 1.11 Lahan Petani dan Peternak Dusun Semtani
Ø Potensi Yang Dimiliki
               Potensi yang dimiliki di Dusun ini adalah buah pisang . potensi ini cukup dioptimalkan secara benar,  dimana sudah terdapat industri yang dikembangkan berdasarkan potensi tersebut, namun  masyarakat kiranya banyak mengalami kendala dan hambatan dalam proses pengembanganya.  Masalah umum seperti Pengetahuan  masyarakat yang minim akan  hal pengembangan produk yang bervariasi  home industri ,dan dalam usaha mereka belum memiliki izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Selain pisang masyarakat juga mengembangkan penangkar benih padi unggul yang saat ini sudah bersertifikat dan langsung masuk BULOG. Dengan adanya penangkar benih padi, pendapatan masyarakat semakin bertambah karena jika hanya dijual beras per kg hanya terjual Rp. 8000 sedangkan jika dijadikan benih per kg bisa mencapai Rp. 10.000.
Gambar 1.12  Bibit benih padi unggul
D.  Infrastruktur

   Infrastruktur  didusun Semtani ini dapat dikatan cukup memenuhi standar (layak). Dalam  pembangunan  jalan sudah 70%, sebagian besar sudah aspal sehingga akses perjalanan  mudah dicapai dan juga sudah banyaknya akses jalan tembusan ke dusun lain. Dusun ini memiliki 2 Musholah  yaitu  musholah Al-Anwar dan K-Holis sedangkan  masjid hanya memilki 1 yaitu masjid  Al-Barakah. Dalam infrastruktur fasilitas Dusun Semtani masih kurang memadai seperti tidak adanya pos kampling, MCK umum, dan lain sebagainya. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Your Name


Your Message*