Senin, 31 Juli 2017

Solissasi Penyakit Kusta

Diketahui desa juluk memiliki kesehatan dengan type yang baik, karena di desa juluk sudah terdapat balai pengobatan sehingga ada bentuk pengontrolan dari pihak kesehatan. Dikatakan di pulau Madura menurut pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2017, kota Bangkalan yang paling banyak menderita penyakit kusta, sedangkan di Desa Juluk Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep itu sendiri terletak di Dusun Polai yang paling banyak menderita penyakit kusta.
Hal ini salah satunya dengan kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura yang bekerja sama dengan dinas kesehatan provinsi jawa timur dikemas dalam bentuk sosialisasi penyakit kusta. Kegiatan ini dilakukan dengan bentuk arahan tentang penyakit kusta dari penyebab, dampak, dan cara pengobatan. Selain itu, mereka anggota dinas kesehatan provinsi jawa timur mencoba untuk memeriksa atau melakukan pengecekan kepada peserta yakni dengan kategori usia balita sampai lanjut usia. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk mengingatkan kepada masyarakat untuk mencegah penyakit kusta sejak dini karena penyakit kusta dapat dikatakan akan lebih bahaya jika diabaikan tanpa ditangani lebih lanjut. Dalam kegiatan ini masyarakat antusias dengan banyaknya peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan sampai selesai. Ada beberapa hal yang dapat diketahui dari ciri-ciri penyakit kusta:
1.      terdapat bercak-bercak merah di bagian kulit
2.      terdapat bercak-bercak putih
3.      kulit tidak terasa gatal, apabila kulit ketika di sentuh dengan tisu atau kertas berasa di kulit berarti itu penyakit panu
4.      tidak terasa sakit

5.      dan tidak sembuh dengan obat kulit biasa
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Your Name


Your Message*