Kamis, 13 Juli 2017

DUSUN POLAY

2.1.1   Dusun Polay
Dusun polay ialah salah satu dari tiga dusun yang berada di Desa Juluk. Luas Dusun Polay ±350 meter. Dusun Polay ialah dusun yang terluas diantara dari dua dusun lainnya. Kata “polay” berasal dari sebuah pohon yang bernama polay. Dahulu dusun polay itu sendiri memang sangatlah banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang bernama pohon polay. Namun seiring berjalannya waktu, pohon polay mulai banyak yang tidak tumbuh lagi. Sehingga menyebabkan kematian pada pohon tersebut dan mulai jarang bahkan sama sekali sulit ditemukan kembali.
Gambar. 1.1 Makam Cokro Manggolo(Pahlawan Juluk)

A.  Sosial Budaya
Interaksi dalam cakupan sosial budaya dalam dusun Polay secara umum yakni antusias dan kekompakan dalam melakukan sebuah kegiatan dan ketepatan waktu dalam menghadiri sebuah acara atau kegiatan. Karena masyarakatnya yang terkenal dengan saling menghargai satu sama lain termasuk dalam hal menghargai waktu. Keadaan masyarakat yang terbuka dengan dunia luar dan tidak buta terhadap teknologi. Interaksi yang dilakukan menjadi mudah ketika masyarakat sudah memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan masyarakat luar madura.
B.  Pendidikan
Dalam taraf pendidikan, jika dilihat lebih spesifik lagi bahwa dusun Polay adalah dusun yang lebih banyak memiliki sekolah-sekolah formal maupun non­ formal. Hal ini dapat diketahui dengan adanya SDN Juluk I, SDN Juluk II dan pondok pesantren lainnya seperti, PP KH. Rifa’I.
  
Gambar 1.2 Sekolah Dasar di Desa Juluk
C.  Ekonomi
Ø Mata Pencaharian
Mata Pencaharian untuk warga Dusun Polay secara umum yakni Petani, Peternak, Pedagang, Guru, dan  Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Ø Potensi Yang Dimiliki
Potensi yang dimiliki dalam Dusun Polay jika dilihat dari Sumber Daya Alam (SDA) secara umum yakni adanya kebun pisang. Jika yang tumbuh musiman yakni adanya tembakau, kacang hijau, cabai dan jagung. Sedangkan untuk Sumber Daya Manusia (SDM) yakni adanya kelompok saronen, kelompok pemuda pemain sepak bola,  dan kelompok pemain drumband.
D.  Infrastruktur
Infrastruktur yang ada dalam Dusun Polay mencakup adanya satu masjid (masjid Al-Ihsan), lima mushola (mushola Darul Mutallimin, mushola At-Taqwa, mushola Ar-Rohim, mushola Habiburrahman, mushola Nurul Islam), sekolah formal (SDN Juluk I dan SDN Juluk II) dan sekolah informal (Pondok Pesantren KH. Rifa’i),  home industry (Keripik Pisang), pompa perairan sawah, dan lain-lain. Sedangkan kekurangan untuk Dusun Polay yaitu hanya perlunya perbaikan jalan walaupun beberapa sudah ada yang diperbaiki.
   
Gambar. 1.3 Alat dan Irigasi Pengairan Sawah
  
Gambar. 1.4 Jalan Penghubung 3 Dusun dan Batas Desa


  
  
Gambar. 1.5 Musholla dan Masjid
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Your Name


Your Message*